Therufidz – Mengenal sejarah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dengan mengenal tarikh tasyri’ (sejarah pensyariatan suatu hukum syar’i), maka seseorang akan semakin bersyukur dengan hukum yang telah ditetapkan untuk hamba-hamba Allah. Bagaimana dengan sejarah disyariatkannya puasa ramadhan sampai akhirnya menjadi seperti sekarang ini? Berikut ringkasannya.
Dalam As-Sirah An-Nabawiyyah ‘Ardhu Waqa-i’ (hlm. 388), dijelaskan bahwa puasa Ramadhan diwajibkan pada bulan sya’ban tahun 2 Hijriyyah dengan turunnya surat Al-Baqarah ayat 183. Allah berfirman,
يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام.
“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa”.
Ini berarti puasa disyariatkan 15 (lima belas) tahun setelah Nabi – Shallallahu ‘alaihi wasallam- diangkat menjadi Nabi. Hal itu karena marhalah makkiyyah selama 13 (tiga belas) tahun, kemudian beliau melakukan hijrah pada tahun 1 Hijriyyah. Setelah itu, tahun kedua dari hijrah nabawiyyah baru turun ayat tentang puasa. Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam telah berpuasa sebanyak 9 (sembilan) kali bulan ramadhan sebagaimana dijelaskan dalam Taudhihul Ahkam (III/439). Ini karena beliau wafat pada tahun 11 (sebelas) Hijriyyah.
Kewajiban puasa ini telah melalui empat tahapan sebagai berikut;
Tahap pertama: kewajiban puasa Asyura’
Sebelum ada kewajiban puasa Ramadhan telah disyariatkan puasa ‘Asyura’, Puasa Asyura’ ini dahulu pernah diwajibkan kepada ummat ini. Nabi- Shallallahu ‘alaihi wasallam – berpuasa dan memerintahkan para sahabat berpuasa. (Asyura’ Baina Hidayatis Sunnatil Gharra’, hlm. 23).
Tahap kedua: diperintahkan puasa ramadhan dengan memberikan pilihan antara puasa atau membayar fidyah
Pada tahapan ini puasa ramadhan telah diperintahkan akan tetapi seorang yang mampu berpuasa diberikan pilihan antara berpuasa atau membayar fidyah. Ini telah diisyaratkan oleh Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 185. (Taudhihul Ahkam, III/439).
Tahap ketiga: Wajibnya berpuasa ramadhan, akan tetapi apabila telah tidur tidak boleh makan.
Di tahap ketiga ini, puasa sudah diwajibkan dan tidak ada kesempatan memilih antara berpuasa atau membayar fidyah, akan tetapi apabila seseorang telah tidur, maka setelah bangun tidak boleh makan, minum dan berjima’. Imam Ibnu Katsir – Rahimahullah – dalam Tafsirul Qur’anil ‘Adhim (I/510) menjelaskan bahwa Qais bin Shirmah Al-Anshari – Radhiyyallahu ‘anhu – berpuasa dan bekerja di ladangnya. Ketika telah tiba waktu buka puasa, beliau pulang dan bertanya kepada istrinya, “Apakah ada makanan?” Istrinya menjawab, “Tidak ada, tetapi aku akan mencarinya”. Lalu ia sampai tertidur. Ketika isrinya datang, ia dapati suaminya sedang tidur. Lalu istrinya berkata, “Merugilah engkau, apakah engkau telah tidur?”. Lalu ia berpuasa keesokan harinya. Pada pertengahan hari, ia pingsan, lalu dilaporkan kepada Nabi –Shallallahu ‘alaihi wasallam -, lalu turunlah firman Allah ta’ala dalam surat Al-Baqarah ayat 187,
أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ
“Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu”.
Tahap keempat: wajibnya puasa ramadhan dengan dibolehkan makan minum.
Pada tahapan terakhir, puasa ramadhan diwajibkan dengan dibolehkan makan dan minum, dan berjima’ di malam hari sampai sebelum subuh. Allah berfirman,
وكلوا واشربوا حتى يتبين لكم الخيط الأبيض من الخيط الأسود من الفجر.
Demikianlah empat tahapan kewajiban puasa yang disyariatkan pada bulan ramadhan. Kia bersyukur kepada Allah atas kemudahan dalam menjalan puasa, tidak seberat pada tahapan yang ketiga. Semoga Allah memberikan kepada kita kemudahan dalam menjalankan puasa dengan sebaik-baiknya sehingga dapat meraih limpahan keutamaan dan karunia dari-Nya. Amin.